burung - burung bertebaran





















































date, hour and day

ELDO TOBING

kursor bintang berjatuhan

energy saving

Guest Book

Selasa, 05 April 2011

READING ACADEMICALLY

Metode QUASAR
Quasar merupakan metode yang membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis dan terdiri dari :
Q Question , A = (be) Active, S = System, A = Analyse, R = Reflect
U
Perbedaan surface Approach dan Deep Approach dalam Membaca
Surface Approach = - Bermaksud menyelesaikan persyaratan tugas
- Mengingat Informasi yang dibutuhkan untuk penilaian
- Gagal membedakan prinsip – prinsip dari contoh
- Memperlakukan tugas sebagai paksaan dari luar
- Fokus terhadap elemen berbeda tanpa integrasi.
Deep Approach = - Bemaksud untuk mengerti
- Mengetahui konten bacaan
- Menghubungkan ide baru dengan pengetahuan sebelumnya.
- Menghubungkan konsep dengan pengalaman sehari-hari
- Menguji logika berargumen
Membaca Efisien
Dalam membaca agar efisien dan efektif, maka ada 3 hal yang dibutuhkan yaitu:
1. Meningkatkan kecepatan membaca = Hal ini dilakukan dengan melatih terus-menerus seperti gerakan mata, jeda dan pengenalan karakter. Kemudian menghindari pengulangan bacaan dan memvariasikan gaya serta kecepatan membaca sesuai bahan yang kamu baca.
2. Menemukan ‘way’ di sekitar teks = Ini dapat dilakukan dengan memunculkan pertanyaan seperti di bagian mana ringkasan chapter ditemukan, apakah sub- heading memberikan pandangan struktur dari chapter itu, apakah setiap section memiliki tambahan dan mendukung bahan bacaan atau bukti atau contoh dari ringkasan pernyataan, dan pertanyaan lainnya.
3. Membuat keputusan mengenai keserasian teks = Ini berfungsi untuk memilih buku yang tepat untuk suatu tugas dan juga peningatan proses belajar atau konseptualisasi ide. Kemudian kecocokan teks untuk pelajaranku dan teksnya dapat dipertanggungjawabkan.
Membaca Aktif
Menjadi seorang pembaca aktif akan membantu menguasai informasi yang terdapat pada teks dan membuat berbagai macam catatan. Tahapan pertama yaitu sebelum membaca dimana menanyakan dirimu beberapa pertanyaan untuk preview dan prediksi. Kemudian tahapan selama membaca dimana mewarnai kode – kode informasi yang ada maksudnya yaitu mencari bagian yang paling efektif yang untuk ditiru yang relevan dan krusial dengan tugasmu. Tindakan ini akan efektif jika seseorang mengetahui tujuan membaca dan apa yang dicarinya.
Mengembangkan Strategi Membaca
Strategi membaca dengan SQ3R dimana terdiri atas survey teks, Question, Read, Recall dan Review. Sedangkan strategi membaca jurnal yang mempunyai bahasa tinggi dibandingkan text book yaitu dengan membaca abstrak yang berisi ringkasan artikel dan kesimpulan dari jurnal. Strategi membaca jurnal lainnya yaitu dengan membaca detail dan analisis serta evaluasi penemuanmu.
Menjadi Pembaca Kritis
Membaca kritis diperlukan untuk membuat pendapat mengenai bagaimana teks itu diperdebatkan. Kamu seharusnya membaca teks seluruhnya untuk mendapatkan dasar dari isi bacaan sebelum melakukan membaca kritis. Kuncinya yaitu jangan sekedar membaca hanya untuk mendapatkan informasi (surface approach) tetapi membaca untuk menggunakan cara berpikir mengenai permasalahan subject (deep approach).
Getting The Most From Lecture
Tindakan yang dilakukan yaitu membuat efektivitas catatan pre-lecture dan download beberapa unit catatan. Kemudian dilakuakan menyerap informasi selama perkuliahan dengan memutuskan bagaimana cara mengumpulkan informasi dalam perkuliahan dan apa yang akan dilakukan dengan informasi tersebut setelah perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar