burung - burung bertebaran





















































date, hour and day

ELDO TOBING

kursor bintang berjatuhan

energy saving

Guest Book

Senin, 16 Agustus 2010

Digrahayu Indonesia

Kemerdekaan adalah proses pembebasan suatu negara dari penjajahan asing. Indonesia sendiri telah mendapatkan kemerdekaannya sejak tahun 1945. Di perjalanan panjang yang telah dilalui bangsa ini, tentunya banyak kemajuan dan keterpurukan yang dihadapi sebagaimana berjalannya waktu yang menuntut sikap bangsa dalam menghadapi realita domestik, regional dan global sekalipun. Kalau boleh menilik ke belakang mengenai perjuangan para pahlawan kita, dimana mereka telah memberikan pengabdian jauh di atas standar kewajaran, bahkan mengorbankan jiwa dan raganya untuk mengusir penjajah dari tanah air ini dan berusaha tidak membiarkan penjajah mengambil sdikitpun yang ada. Perjuangan merebut dan memperthankan kemerdekaan yang telah dilakukan pahlawan kita tentu saja jangan sampai disia - siakan oleh generasi pengisi kemerdekaan tersebut.
Dalam mengisi kemerdekaan tersebut, banyak hal yang dapat kita lakukan mulai dari hal kecil dulu seperti menggunakan bahasa indonesia yg baik dan benar, cinta tanah air, menghormati kerukunan umat beragama dsb. Kalau itu dapat dilakukan semua pihak maka semakin terciptalah rasa kebersamaan dan kebangsaan yg ada, sehingga diharapkan tidak ada lagi konflik baik horizontal maupun vertikal yang terjadi akibat mengabaikan tatanan nilai kebersamaan kalau kita berkaca dari pengalaman dulu . Memang masih banyak permasalahan lain yang dihadapi bangsa ini baik di kehidupan internal maupun eksternal bgsa seperti perselisihan pembangunan rumah ibadah, terorisme, kenaikan harga pangan sampai perselisihan perbatasan dengan negara tetangga . Tetapi permasalahan tersebut akan bisa teratasi jika ada partisipasi aktif dan kemauan dari segenap komponen bangsa.
Sebagai kaum pelajar dan anak bangsa ditengah kompleksitas dn kompetitifnya tuntutan pemenuhan kebutuhan masyarakat, untuk mengisi kemerdekaan ini maka kita dituntut untuk benar-benar memposisikan diri sebagai garis terdepan dalam hal inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam merespons berbagai tuntutan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu, tugas dan peranan kita. Tidak lupa juga untuk memegang erat budaya bangsa agar tidak kehilangan substansi awal ditengah banyaknya budaya asing yang masuk.
Sekarang perjuangan kita bukan melawan penjajahan dibidang militer lagi, tetapi sudah berubah kea rah politik, ekonomi bahkan sosial. Maka dari itu, kemerdekaan itu baiklah dimaknai sebagai awal terwujudnya bersama mimpi membangun NKRI untuk kesejahteraan rakyat dan menjaga keamanan seluruh warga dalam lindungan sistem hukum yang adil dan kokoh tanpa adanya lagi aksi "sikut menyikut" diantara lembaga dan pengelola negara. Hal yang lebih penting lagi , bagaimana bisa terciptanya pembangunan yang berdampak luas yang nantinya berimplikasi pada terciptanya pemerataan keadilan dan kesejahteraan seperti yang diamanatkan di butir Pancasila.
Akhirnya, momentum memperingati HUT RI yang ke 65 ini dijadikan bagian untuk mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa serta refleksi diri untuk meneguhkan tekad bukan hanya penyelenggara negara tetapi juga seluruh pihak untuk membangun masyarakat dan bangsa yang sesuai dengan cita2 bangsa Indonesia seperti yang diamanatkan dalam Pancasila dan UUD 1945.
Digrahayu bangsaku!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar